Berita Utama

SIAGA KWARRAN PURWOKERTO UTARA BERADU CERDAS

Dilihat : 5925 Kali, Updated: Rabu, 16 September 2015
SIAGA KWARRAN PURWOKERTO UTARA BERADU CERDAS

SIAGA KWARRAN PURWOKERTO UTARA BERADU CERDAS

 

HUMAS KWARCAB BANYUMAS : 42 Barung Pramuka Siaga se Kwarran Purwokerto Utara mengikuti lomba cerdas cermat (LCC) pramuka, yang dilaksanakan Selasa (15/9) di SD N 2 Sumampir Purwokerto Utara.

Acara dibuka oleh Ketua Kwarran Drs Bambang Purwanto, M.Pd dan dihadiri oleh Ketua Mabigus, pembina dan pelatih peserta lomba.

Bambang mengatakan LCC bukan hanya sekedar lomba saja, akan tetapi sebagai sarana untuk evaluasi dari pendidikan pramuka yang telah diberikan oleh pelatih dan pembina.

Disamping itu juga melatih seorang pramuka sejak dini, karena  mereka rata rata masih kelas IV dan V SD. “Untuk menjadi pramuka yang tangguh, siap, kuat, tegar, serta bersikap sosial harus dilatih melalui evaluasi dan kompetesi termasuk LCC Pramuka Siaga kali ini” tambah Bambang.

Ketua Panitia Endang Muspriatini mengatakan bahwa LCC diikuti sebanyak 42 barung masing-masing 21 barung putra dan 21 barung putri. “Peserta wajib mengikuti babak penyisihan dan dipilih masing-masing 3 barung putra dan putri untuk beradu di babak final” katanya.

Untuk materi lomba terdiri dari pengetahuan kepramukaan, tali temali dan juga semaphore. “Walaupun masih belia, anak-anak siaga yang beradu difinal paham dan menjawab dengan benar tentang istilah-istilah pramuka yang dibacakan oleh moderator” tambahnya.

Pada babak final siaga putra barung dari pangkalan SD N 1 Bancarkembar menjadi yang terbaik diikuti SD N 1 Sumampir sebagai Juara II sedangkan untuk Juara III diraih oleh SD N 2 Karangwangkal.

Sedangkan untuk Putri SDN 2 Pabuwaran menjadi Juara I diikuti SDN 2 Sumampir Juara II dan Juara III SDN 1 Bancarkembar.

Komentar