Berita Utama

NARAKARYA 2 PENEGAK

Dilihat : 13666 Kali, Updated: 16 03 2015 15:14:09
NARAKARYA 2 PENEGAK

KML Penegak adalah jenjang pendidikan tertinggi bagi Pembina pramuka penegak, hasil dari pelatihan KML peserta diharuskan  melakukan pengembangan minimal selama 6 bulan yang dilaksanakan oleh Pembina lulusan KML penegak di Gugus Depannya masing-masing. Diharapkan dengan mengikuti pendidikan KML ini seorang Pembina akan semakin professional dalam membimbing Peserta Didik dan kuantitasnya memadai , Peserta Didik semakin antusias dan aktif mengikuti pendidikan kepramukaan serta bisa membangun kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak terutama dengan masyarakat sekitar pangkalan itu berada.

Penerapan dan pengembangan hasil dari Kursus Pembina Tingkat Mahir Lanjutan ( KML ) 2014 dalam bentuk Narakarya 2 ( dua )  ini dilaksanakan di SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Pelaksanaan pengembangan ini berlangsung selama enam bulan mulai dari Januari sampai Juni 2015. Tujun dari pengembangan ini adalah : Penerapan hasil Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Kendalisada 21 – 25 Desember 2014 dan Pengabdian terhadap Ambalan .

“ Narakarya dua golongan penegak ini adalah yang pertama kali dan sebagai pilot projek kami di PUSDIKLAT Kwarcab Banyumas . Jumlah peserta pembina golongan penegak  hanya delapan orang , selama ini kegiatan KML hanya golongan penggalang dan siaga saja. Jadi  kami sangat berharap besar dengan adanya program pengembangan Narakarya dua ini . Kedepannya gerakan pramuka di Indonesia khususnya di Kwarcab Banyumas dimana anggotanya sebagian besar adalah generasi muda semakin  solid dan maju “ demikian pernyataan Kak Usman selaku pelatih pendamping KML 2014 dalam arahannya saat upacara pembukaan pengembangan Narakarya dua  di SMA Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto pada hari jumat tanggal 30 Januari 2105 yang diikuti oleh 155 peserta didik dari kelas X dan XI.

Sementara dari pihak SMA AL Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang diwakili oleh Kak Bintoro selaku Kak Mabigus mengucapkan terimakasih kepada PUSDIKLAT  Kwarcab Banyumas , karena telah menunjuk SMA AL Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto sebagai tempat pengembangan Narakarya dua golongan penegak . “ ini adalah sebuah kehormatan yang diberikan Kwarcab Banyumas kepada kami  , harapannya bahwa kerjasama ini akan bisa terus berlanjut diluar kegiatan pengembangan ini , karena kami juga merasa sangat terbantu untuk memperbaiki dan pengembangan gerakan pramuka di Gudep yang baru berusia satu tahun ini  “. ( yudi )

Komentar