Berita Utama

Racana Soedirman Belajar Ilmu Jurnalistik

Dilihat : 292 Kali, Updated: Senin, 13 Mei 2019
Racana Soedirman Belajar Ilmu Jurnalistik

BANYUMAS– Belasan anggota Pramuka yang berpangkalan di Racana Soedirman Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto melatih diri, mempelajari ilmu jurnalistik Sabtu (11/5/2019) di Sanggarnya. Kegiatan dibuka oleh pembinanya, Dyah Susanti, S.P, M.P dengan diikuti oleh 14 orang yang merupakan anggota kelompok kerja Jurnalistik Racana Soedirman.

Dalam sambutannya Dyah berpesan meski bulan puasa peserta agar tetap semangat mengikuti pelatihan. Menurutnya pelatihan ini bukan hanya menjadi aktivitas fisik dan pikiran saja, namun dapat menghasilkan kebermanfaatan dan bernilai ibadah.

“Pramuka jaman now harus dapat menghasilkan informasi yang bernilai dan bermanfaat melalui dunia jurnalistik dan ikut berperan dalam menciptakan media massa yang sehat dan menghindari penyebarluasan informasi yang mengakibatkan kebencian dan berita yang tidak benar,” kata Dyah.

Ketua Dewan Racana, Fendi Tri Gono mengatakan bahwa tujuan kegiatan adalah untuk membekali anggota Racana Soedirman tentang kejurnalistikan agar dapat mempublikasikan kegiatan Racana secara luas. Fendi berharap dengan pelatihan jurnalistik anggota dapat memiliki bekal perihal dunia jurnalistik.

“Dengan pelatihan ini kita berharap peserta dapat membuat berita dan kegiatan racana dapat terpublikasikan secara luas sehingga akan diketahui masyarakat dan bisa menerbitkan buletin secara berkala yang menarik dan bermanfaat, serta dapat mengangkat citra organisasi,” katanya

Sementara itu Ketua Reka Kerja Amarul Faris mengatakan, untuk pelatihan sebagai pemateri pihaknya menggandeng LPM Sketsa Unsoed dan Tim Humas Kwarcab Banyumas.

“Ada 4 materi yang disampaikan pada pelatihan kali ini antara lain materi dasar disampaikan oleh Instruktur Muda Racana Soedirman, kemudian Teknik Wawancara disampaikan oleh Perwakilan UKM LPM Sketsa Unsoed. Materi ketiga mengenai Teknik Menulis Berita oleh Kak Parsito Humas Kwarcab Banyumas, dan materi terakhir mengenai Teknik Pembuatan Buletin oleh Kak Edi Sarwono Humas Kwarcab;” jelasnya.

Acara yang berlangsung sehari itu ditutup dengan buka puasa bersama.

Komentar