Berita Utama

Saka Bakti Husada Baturraden Berlatih P3K

Dilihat : 5822 Kali, Updated: Selasa, 21 Mei 2019
Saka Bakti Husada Baturraden Berlatih P3K

Bagi seorang anggota pramuka apalagi satuan karya Bhakti Husada, kemampuan dan pengetahuan PPPK atau yang disingkat P3K memang wajib dimemiliki. Karena sangat berguna disaat sedang melakukan perkemahan, jelajah alam atau saat membantu di pos kesehatan diberbagai kegiatan. Untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan tersebut Saka Bakti Husada (SBH) Kwarran Baturraden mengadakan latihan Pertolongan Pertama, Sabtu (18/5/2019) di Puskesmas 1 Baturraden.

Pimpinan Saka Bakti Husada Kwarran Baturraden Sofia Rahmani, SKM mengatakan, pengetahuan P3K sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, ketika dirinya atau orang lain yang terluka, anggota Pramuka bisa mengobati sendiri atau membantu orang lain yang terluka. Pelatihan ini sekaligus persiapan anggota SBH, mengingat mereka akan bertugas membantu di posko lebaran mendatang.

"Selama libur lebaran, kita akan membuka 2 posko kesehatan, di dalam Lokasiwata Baturraden bersama Puskesmas 1 Baturraden dan di bundaran Pringsewu bersama Puskesmas 2 Baturraden" kata sofia.

Selain menambah pengetahuan pelatihan
bertujuan melatih kesigapan dan melatih fisik anggora agar prima saat bertugas. Dalam pelatihan ini, anggota dilatih teknik dasar P3K, cara pelaporan dan penanggulangan gawat darurat serta cara mengevakuasi pasien.

Salah satu peserta latihan, Nurmalita Ami Safitri mengatakan latihan ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan ketrampilan tentang P3K.

"Setelah beberapa waktu lalu banyak kegiatan perkemahan penggalang,
pelatihan kali ini sebagai evaluasi pencapaian untuk meningkatkan kemampuan dan menambah pengalaman" kata Nurmalita.

Begyo Setiawan

Komentar