Berita Utama

KWARCAB BERBAGI ILMU JURNALISTIK DI SMA AL IRSYAD

Dilihat : 5289 Kali, Updated: Senin, 12 Oktober 2015
KWARCAB BERBAGI ILMU JURNALISTIK DI SMA AL IRSYAD

KWARCAB BERBAGI ILMU JURNALISTIK DI SMA AL IRSYAD

 

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas khususnya Bidang Humas dan Abdimas, melaksanakan silaturahmi kehumasan ke Kwarran, Racana dan Ambalan. Kegiatan perdana dilaksanakan, Jum’at (9/10) di Pangkalan Ambalan Ahmad Sukarti dan Cut Nyak Dien SMA Islam Terpadu Al Irsyad Purwokerto.

Waka V Bidang Humas dan Abdimas Agus Noer Hadie mengatakan tujuan silaturahmi kehumasan selain silaturahmi dan memberikan informasi kegiatan pramuka di Banyumas, juga ingin berbagi tentang ilmu jurnalistik. “Pramuka adalah sumber berita, maka kami berharap kegiatan pramuka yang dilaksanakan di SMA Al Irsyad ini dapat diekpos untuk menunjang prestasi kwarcab Banyumas yang sampai saat ini menjadi Kwarcab tergiat untuk yang ke 28 kalinya” kata Agus.

Agar Dewan Ambalan dan organisasi sekolah bisa memulai menulis, Tim humas memberi sedikit materi tentang tehnik fotografi dan tehnik penulisan berita.

Parsito Andalan Cabang Urusan Pers dan Media, saat memberi materi tehnik penulisan berita mengatakan berita dan media begitu strategis untuk mempublikasikan suatu kejadian dan kegiatan. “Maka bisa dikatakan media mengubah cacing seperti naga, artinya ketika sesuatu kegiatan diekpos di media kegiatan tersebut terlihat besar, karena diketahui oleh banyak orang” katanya.

Untuk itu Parsito berharap latihan yang sangat singkat bisa ditindak lanjuti melalui media social yang ada seperti facebook, Bbm dan lainya.

Sedangkan Sujiono yang menyampaikan materi tehnik fotografi menyampaikan hal pokok yang harus dilakukan fotografer. “Foto itu harus bisa berbicara, sehingga cara pengambilan harus diupayakan sebanyak mungkin peristiwa pada suatu kegiatan itu dapat terekam pada camera” katanya.

Foto yang baik adalah foto ketika orang melihat sekilas sudah bisa membaca kejadian atau suatu kegiatan. “Maka pandai-pandailah memilih tempat dan pristiwa suatu kegiatan” tambahnya.

Selain Dewan Ambalan peserta  juga melibatkan pengurus OSIS dan pengurus Pusat Informasi dan Koseling Remaja SMA Al Irsyad.

 

L

 

Komentar