Berita Utama

KWARRAN SUMBANG DAN GUMELAR JUARA PESTA SIAGA CABANG

Dilihat : 5349 Kali, Updated: Senin, 30 November 2015
KWARRAN SUMBANG DAN GUMELAR JUARA PESTA SIAGA CABANG

KWARRAN SUMBANG DAN GUMELAR JUARA PESTA SIAGA CABANG

 

BANYUMAS : Barung Putra dari Kwarran Sumbang yang diwakili oleh Pramuka Siaga Pangkalan SD Negeri 3 Gandatapa, menjadi yang terbaik pada Pesta Siaga Cabang Tingkat Kwartir Cabang Banyumas, Jum’at-Sabtu (27-28/11) di Lapangan Pelopor Kelurahan Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas Jawa Tengah. Sedangkan untuk Barung Putri Juara I diraih oleh Kwarran Gumelar yang diwakili oleh SD Negeri 4 Cihonje.

Pesta Siaga Cabang Banyumas tersebut dibuka Bunda Erna Husein Istri dari Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwarcab Banyumas Ir Achmad Husein. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 54 barung putra dan putri terbaik dari masing-masing Kwartir Ranting (Kwarran) se Kwarcab Banyumas.

Turut hadir pada upacara pembukaan, ketua, pengurus dan andalan cabang Kwarcab Banyumas, Camat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting, Ketua Kwartir Ranting dan Mabigus dari anak didik yang mengikuti kegiatan.

Dalam pesannya Bunda Erna Husein mengajak kepada anak-anak untuk menghayati dan melaksanakan Dwidarma Pramuka yaitu Siaga itu patuh pada ayah dan ibundanya dan Siaga itu berani dan tidak putus asa. “Pramuka Siaga harus mampu untuk melaksanakan darma baktinya kepada ayah dan ibundanya dan menumbuhkan rasa kepatuhan serta menghormati orang tuanya, serta tidak pernah berputus asa” katanya. 

Lebih lanjut Erna mengatakan pesta siaga ini dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi, cinta lingkungan, disiplin dan bertanggungjawab serta mempererat tali persahabatan dan persaudaraan. “Selain itu agar anak-anak Pramuka siaga dapat mencari ilmu pengetahuan, ketrampilan dan berlomba dengan senang dan gembira” tambahnya.

Ketua Kwarcab Banyumas Ir Didi Rudwianto SH, M.Si mengatakan tujuan dari kegiatan pesta siaga adalah untuk memberikan wadah yang terarah bagi peserta didik, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan serta pengembangan dirinya dan yang paling penting adalah evaluasi dari pembinaan pramuka di masing-masing pangkalan. “Dengan evaluasi kakak Pembina dapat terus meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam membina anak didik” katanya

Didi melanjutkan anak-anak pramuka yang berusia 6-10 tahun itu harus menyelesaikan tugas pada sepuluh taman yang telah disiapkan. “Ada sepuluh taman bermain dan lomba yang disediakan antara lain taman ketaqwaan, kepribadian, pengetahuan kepramukaan dan umum, sandi siaga, tali temali, KIM Pendengaran, yel-yel barung, pentas seni, menembak dan bumbung kemanusiaan” kata Didi

Walaupun ditengah terik matahari anak-anak ini terlihat senang dan gembira, bahkan pada upacara penutupan, saat terjadi hujan lebat anak-anak serta merta memakai mantel yang telah dipersiapkan, dan tetap semangat mengikuti kegiatan sampai selesai.

Hasil lengkap Pesta Siaga Cabang Kwarcab Banyumas Barung Putra Juara I Kwarran Sumbang, II Kwaran Kebasen, III Kwarran Ajibarang. Juara Harapan I Cilongok diikuti Jatilawang dan Purwojati sebagai Harapan II dan III. Sedangkan Barung Putri Juara I Kwarran Gumelar, II Kebasen dan III Purwokerto Timur. Untuk harapan I-II dan III diraih oleh Ajibarang Somagede dan Wangon.  

 

Parsito

Komentar