Berita Utama

Racana IAIN Purwokerto Gelar Pendidikan Latihan Dasar Baskara

Dilihat : 2308 Kali, Updated: Selasa, 02 Agustus 2016
Racana IAIN Purwokerto Gelar Pendidikan Latihan Dasar Baskara

Racana IAIN Purwokerto Gelar Pendidikan Latihan Dasar Baskara

 

BANYUMAS : Racana Sunan Kalijaga–Cut Nyak Dien Gugus Depan Banyumas 26.2833-26.2834 Pangkalan IAIN Purwokerto mengadakan kegiatan Pendidikan Latihan Dasar Brigade Ksatria-Srikandi Racana (Diklatsar Baskara) angkatan I. Kegiatan dilaksanakan Sabtu-Minggu (30-31/7/2016) diikuti 36 peserta.

 

Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Pembina Racana Kak Musmualaim, M.Pd.I di Gedung Student Center. Dalam sambutannya Musmualim, mengatakan Kegiatan dilatsar, sebagai bentuk inovasi tersendiri dan kedepannya akan dijadikan Pasukan Khusus dalam Gerakan Pramuka Racana Sunan Kalijaga-Cut Nyak Dien IAIN Purwokerto.

 

“Kalian dididik dan disiapkan agar tumbuh jiwa sosial dan kepedulian kemanusiaan, untuk bergabung dengan Unit Pramuka Peduli dalam melaksanakan kegiatan kemanusian, sehingga kalian harus selalu siap sedia. Dengan adanya BASKARA ini, diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi anggota Racana dan masyarakat pada umumnya,” katanya.

 

Ketua Dewan Racana M. Syarifudin mengatakan tujuan kegiatan diantaranya, untuk mengembangkan potensi diri, kelompok atau organisasi dalam pengembangan sumber daya manusia dalam bidang penanggulangan bencana, pelopor keselamatan lalulintas serta pelestarian lingkungan hidup.

 

“Selain itu untuk menumbuhkan sikap siap dan tanggap pada diri anggota, agar mampu menciptakan generasi muda yang bergunabagi Nusa dan Bangsa. Meningkatkan semangat dan pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, Negara dan tanah air,” katanya.

 

Sementara itu Ketua Reka Kerja, Aris Hidayat mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari itu pihaknya mengundang Instruktur dan Pemateri yang berkompeten dalam Bidangnya.

 

“Kami mengandeng Kodim 0701 Banyumas dalam materi wawasan kebangsaan, BNNK Banyumas dalam penyuluhan bahaya Narkoba, Satlantas Polres Banyumas dalam materi Wawasan lalulintas dan praktek langsung 12 gerakan pengaturan lalu lintas, BLH Kabupaten Banyumas tentang pengelolaan sampah dan lingkungan, BPBD Banyumas tentang wawasan kebencanaan, serta untuk prakteknya kita ambil dari PMI Kabupaten Banyumas untuk materi Pertolongan pertama pada korban bencana, serta dari DAMKAR Banyumas dalam simulasi kebakaran,”jelasnya.

 

Salah satu peserta Hana mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan, bermanfaat dan sangat bersifat edukatif bagi dirinya. Materi yang paling berkesan menurutnya ialah saat Praktek 12 Gerakan Pengaturan Lalu lintas dari Satlantas Polres Banyumas karena bisa merasakan betapa sulitnya anggota polisi mengatur ribuan kendaraan di jalan hanya menggunakan Pluit dan gerakan tangan.

 

“Simulasi Pemadam Kebakaran, juga asik dan menegangkan, karena disitu saya bisa langsung merasakan menjinakan api menggunakan Kain basah dan langsung menggunakan mobil pemadam kebakaran. Pokoknya kegiatanya Keren dan asyik banget. Bersyukur saya bisa masuk dan berproses di Pramuka,” ungkapnya.

 

Peliput : AGUS WALUYO Bidang ABDIMAS SK-CND IAIN Purwokerto

Edit : Parsito

 

Komentar