Berita Utama

PASUKAN TUNAS MUDA BANYUMAS SEMAKIN DIMINATI

Dilihat : 2753 Kali, Updated: Senin, 22 Agustus 2016
PASUKAN TUNAS MUDA BANYUMAS SEMAKIN DIMINATI

PASUKAN TUNAS MUDA BANYUMAS SEMAKIN DIMINATI

 

PURWOKERTO : Dinas Pemuda Olagraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas bersama Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Banyumas, menggelar seleksi Pasukan Tunas Muda (PTM) Kamis (18/8/2016) di sekitar Sanggar Bakti Pramuka. PTM ini akan bertugas sebagai Petugas Pengibaran dan Penurunan Bendera pada Apel Besar Gerakan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun Pramuka ke-55 Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Banyumas yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 15 September di Alun-alun Purwokerto.

 

Kasi Pembinaan Pemuda pada Dinporabudpar, Mis Nur Aini saat memberi pengarahan kepada Calon Pasukan Tunas Muda (CPTM) mengatakan bahwa dari 158 peserta yang lolos seleksi awal, akan diambil 34 CPTM dari Pramuka Penegak. “PTM nantinya berjumlah 37 pramuka, 34 diseleksi pada hari ini, sedangkan tiga lainya dari Siaga, Penggalang dan Pandega masing-masing 1 orang,” terang Mis Nur Aini.

 

Ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab Banyumas Diana Dwi Putra, mengaku bangga bahwa PTM semakin menarik bagi anggota pramuka. “Antusiasme Pramuka Penegak terlihat pada pendaftaran Calon Pasukan Tunas Muda (CPTM) Tahun 2016 ini, mencapai 200 orang,” jelasnya.

 

Membludaknya peserta menurut Diana sudah diantisipasi, melalui surat yang dikirim ke pangkalan, sudah menyebut bahwa pangkalan berkesempatan mengirim maksimal 6 orang pramuka penegak untuk mendaftar CPTM. “Tetapi untuk pendaftar yang menkonfirmasi setelah CPTM genap 160, dianggap tidak memenuhi syarat, alhamdulillah yang lolos seleksi awal 158 orang” tambahnya.

 

Materi seleksi CPTM meliputi peraturan baris berbaris, fisik dan jasmani lari mengelilingi GOR selama 12 menit, teknik kepramukaan dan pengetahuan umum serta interview, selain itu peserta juga wajib memenuhi persyaratan khusus misalnya tinggi badan putra minimal 165 cm dan putri 160 cm, serta berbadan sehat.

 

Untuk memenuhi ketentuan diatas semua peserta diwajibkan mengikuti seleksi adminitrasi dan kesehatan yang semuanya sudah disiapkan oleh penyelenggara di Pendopo Sanggar Bakti Pramuka. Petugas kesehatan dari Puskesmas Purwokerto Utara, petugas timbang dan tinggi badan dan lainya yang berasal dari Dewan Kerja Cabang Kwarcab Banyumas serta Purna PTM.

 

Diana melanjutkan bahwa tujuan dari seleksi ini adalah untuk mempersiapkan fisik dan mental Calon Anggota PTM nantinya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik. Apabila anggota PTM tidak memiliki fisik yang prima tentu akan mempengaruhi pada tugas yang dibebankan. Pada seleksi ini terlihat calon peserta yang tidak memiliki stamina bagus akan terlihat.

 

Sekeksi PTM kali ini dibawah pengawasan Tim Pelatih yang diketuai oleh Serka Supriyadi dari Kodim 0701 Banyumas, serta didampingi Dinporabudpar, Pengurus DKC dan Purna PTM.

 

 

Komentar