Berita Utama

Wabup Lepas Kontingen Raimuna Nasional

Dilihat : 1330 Kali, Updated: Jumat, 11 Agustus 2017
Wabup Lepas Kontingen Raimuna Nasional

Wabup Lepas Kontingen Raimuna Nasional

 

Kontingen Kwarcab Banyumas yang terdiri dari 42 orang pramuka peegak dan pandega secara resmi dilepas oleh Wakil Bupati, Kamis (10/8) di Pendopo Wakil Bupati Banyumas. Mereka akan mengikuti Raimuna Nasional XI(Rainas) di bumi perkemahan Cibubur pada 14-20 Agustus mendatang.

 

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan, tim yang berangkat mengikuti Rainas sebanyak 42 pramuka penegak dan pandega terdiri dari 18 putra dan 24 putri.Tim ini merupakan pramuka penegak dan pandega pilihan karena dipilih melalui seleksi ketat yang diikuti oleh pramuka penegak dan pandega selama tiga tahab.

 

“Mereka berasal dari berbagai sekolah SMA/SMK/MA dan Perguruan tinggi di Banyumas,” jelasnya.

 

Menurut Partono, pada gelaran Rainas ini kontingen Banyumas mendapat kesempatan menampilkan seni Calentong (calung lengger dan kentong) tampil di panggung utama Rainas. Mereka terpilih setelah melaui seleksi dan akhirnya di tunjuk Kwarda Jateng mewakili pertunjukan seni.

 

“Kita tentu merasa bangga mendapat penghormatan tampil dipanggung utama pada gelaran yang rencana akan di buka oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo,” kata Partono.

 

Wakil Bupati BanyumasBudhi Setiawan saat melepas rombongan Rainas mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Banyumas tidak memaksakan harus tampil seperti apa.Karena menurutnya kontingen merupakan pramuka pilihan, sehingga akan memberikan yang terbaik untuk Banyumas.

 

“Kami sangat percaya kepada pembina dan kalian, bahwa akan berkerja keras pantang menyerah. Jagakesehatan, kekompakan dan kebersamaan, tunjukan kualitas dalam aktivitas pramuka sebagai anak Banyumas yang cerdas dan ramah dan santun,“ tandasnya.

 

Menurutnya, gerakan pramuka Banyumas telah berhasil membentuk pramuka yang memiliki kepri­badian beriman, bertaqwa disiplin dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa. Hal ini terlihat dari performance dalam kehidupan adik-adik pramuka maupun pada kakak kakak pembina.

 

“Kami turut bangga, kalian terpilih untuk pentas di panggung utama, dan kami berpesan agar nanti setelah pulang ke pangkalan dapat berbagi cerita sehingga pramuka diluar sana ikut termotivasi dan mengerti bahwa Gerakan pramuka merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda Indonesia, yang dapat berkontribusi secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dikalangan kaum muda,” ujarnya.

 

Wakui Bupati juga meminta kepada para peserta yang berangkat untuk membangun komunikasi yang baik dengan semua tim dan jaga nama besar Kwarcab Banyumas di tingkat nasional.

 

Diakhir acara pelepasan para peserta menunjukan kemahiranya dalam kesenian Calentong dihadapan tamu undangan, Pimpinan dan Andalan Kwarcab Banyumas, Kepala  Sekolah dan orang tua peserta.

 

 

Komentar