Berita Utama

PRAMUKA PEDULI BANYUMAS TINGKATKAN KEMAMPUAN SAR AIR

Dilihat : 2587 Kali, Updated: Senin, 21 November 2016
PRAMUKA PEDULI BANYUMAS TINGKATKAN KEMAMPUAN SAR AIR

PRAMUKA PEDULI BANYUMAS TINGKATKAN KEMAMPUAN SAR AIR

 

BANYUMAS : Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banyumas, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bintek) Pertolongan dan SAR Air, Sabtu Minggu (19 - 20/11/2016) di Sekitar Bendung Gerak Serayu. Kegiatan diikuti oleh 45 Relawan Pramuka Peduli yang berasal dari Unit Pramuka Peduli perwakilan Kwartir Ranting dan Gugus Depan.

 

Ari Pringgo Aji, S.Si selaku ketua penyelenggara, mengatakan kegiatan bertujuan untuk membekali Relawan Pramuka Peduli, agar siap untuk diterjunkan di medan bencana khususnya banjir dan upaya pencarian dan pertolongan (SAR) korban tenggelam.

 

“Peningkatan, kemampuan dan pegenalan medan sangat diperlukan, dalam pelaksanaan tugas bantuan, sehingga para Pramuka Peduli akan semakin cakap dalam memberi pertolongan,”   kata Ari.

 

Menurut Ari materi yang diberikan dengan fokus utama penyelamatan korban di air dan teknik - teknik pengoperasian perahu karet. “Materi kegiatan ini meliputi SOP pramuka peduli, pertolongan pertama, bantuan hidup dasar dan praktek SAR air, dengan pemateri kegiatan berasal dari PMI Cabang dan Tagana Kabupaten Banyumas ,” katanya.

 

Andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli Ady Candra yang juga menjadi komandan Tagana mengatakan, Unit Pramuka Peduli adalah Satuan gerak yang dibentuk oleh Satgas Pramuka Peduli atau anggota Gerakan Pramuka bersama masyarakat dengan koordinasi Kwartir Cabang. Pramuka Peduli merupakan bentuk kepedulian pramuka dalam menghadapi situasi yang tidak menguntungkan bagi sebagian masyarakat Indonesia.

 

“Kalian yang sudah bergabung dengan Pramuka Peduli akan melaksanakan tugas mulia, membantu korban bencana, dan Insya Allah merupakan ladang ibadah bagi kita,” katanya

 

Selain itu menurut Ady, juga merupakan bentuk aplikasi nyata dari nilai - nilai Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka. "Saya merasa bangga, setiap mendapat laporan dari pramuka peduli, dari berbagai kwarran dan Gugus depan yang sudah melakukan kegiatan pertolongan.  “Sudah seharusnya pramuka peduli, setiap hari berbuat kebajikan, karena kita Pramuli,” lanjut Ady.

 

Sakirun Ketua Unit Pramuka Peduli Kwarran Lumbir, mengaku sangat berkesan dengan kegiatan yang diikuti. "Kegiatan seperti ini bagi saya sangat luar biasa. Saya ini sebenarnya takut di air, apalagi prakteknya langsung di Sungai Serayu, hal ini tentunya tantangan bagi saya sendiri. Saya harus mau dan mampu, karena wilayah Lumbir ada beberapa Desa yang sangat rawan banjir bandang dan banjir genangan. Sehingga saya jadi lebih tahu apa yang harus dilakukan pada saat banjir datang, dan saya jadi tahu SOP pencarian korban tenggelam. Akan saya tularkan ilmu ini ke Anggota Pramuka Peduli Kwarran Lumbir" kata Sakirun

 

Penutupan dilakukan oleh Sekretaris Bidang Abdimas Humas, Sarikin, SH. Sarikin mengatakan Pramuka Peduli Banyumas sudah menjadi bagian dari SAR Banyumas, yang sudah tanggap dalam melakukan repon tanggap darurat  bersama dengan BPBD, TAGANA, TRESNA JR dan Relawan Mahameru, dan lainya," katanya

 

Parsito : Ancu Pers dan Media

Komentar