Berita Utama

Anggota Saka Kalpataru Ranting Ajibarang Dilantik

Dilihat : 1639 Kali, Updated: Senin, 08 Mei 2017
Anggota Saka Kalpataru Ranting Ajibarang Dilantik

Anggota Saka Kalpataru Ranting Ajibarang Dilantik

 

BANYUMAS : Pamong Saka Kalpataru Kwarcab Banyumas Subarkah mengukuhkan dan melantik 44 anggota Saka Kalpataru Ranting Ajibarang Sabtu (6/5) di Taman Keanekaragaman Hayati Baturraden. Mereka berasal dari pangkalan SMA Negeri 1 Ajibarang.

 

Subarkah mengatakan  pengukuhan Saka Kalpataru bertujuan untuk menumbuhkan semangat generasi muda agar lebih menjaga dan mencintai lingkungan. Menurut Barkah pembentukan Saka Kalpataru untuk mencetak kader pramuka yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan serta mampu berperan dalam mewujudkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan hidup.

 

“Saka Kalpataru sebagai wadah pendidikan dan pembinaan bagi anggota pramuka penegak dan pandega dalam menyalurkan minat dan pengembangan bakat khususnya yang berkaitan dengan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta menjadi bekal penghidupan di masa datang, sebagai bekal pengabdian untuk masyarakat, bangsa dan negara,” katanya

 

Dengan dikukuhkan Saka Kalpataru Rantig Ajibarang , Barkah berharap segera mengadakan Musyawarah Saka Tingkat Ranting dengan melibatakan anggota pramuka golongan penegak dan pandega Ranting Ajibarang untuk membentuk Dewan Saka Kalpataru Ranting Ajibarang.

 

Sementara, salah satu Pembina Pramuka SMA N 1 Ajibarang Adi Irianto mengatakan bahwa dengan keikutsertaan pramuka dipangkalanya menjadi anggota Saka Kalpataru, dapat mewujudkan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang sistematis, efektif dan efisien dalam gerakan pramuka, khusunya dalam kegiatan lingkungan hidup.

 

"Sebelum dan dikukuhkan peserta sudah dikenalkan tiga Krida dalam Saka Kalpataru yang mengajarkan krida 3 R (reduce, reuse, recycle) yang meliputi bidang komposting, daur ulang dan bank sampah. Kemudian, krida perubahan iklim terdiri atas konservasi dan hemat air, hemat energi listrik, serta transportasi hijau. Lalu, krida konservasi keanekaragaman hayati yang meliputi pelestari sumberdaya genetik dan pelestari ekosistem,” kata Adi

 

Menurut Adi keeradaan mereka akan menambah kader dan duta lingkungan hidup di SMA N Ajibarang, yang akan menularkan ilmunya kepada teman-temanya. Sehingga untuk menjadi Sekolah Adiwiyta Mandiri tingkat nasional untuk SMA N Ajibarang segera terwujud.

 

Komentar