Berita Utama

PENGGALANG SMP N 1 SUMBANG JUARA UMUM GAKSA 2015

Dilihat : 8346 Kali, Updated: 12 05 2015 07:17:25
PENGGALANG SMP N 1 SUMBANG JUARA UMUM GAKSA 2015

PENGGALANG SMP N 1 SUMBANG JUARA UMUM GAKSA 2015

 

PURWOKERTO – Pramuka Penggalang SMP Negeri 1 Sumbang menjadi Juara Umum pada Lomba Galang Ksatria (GAKSA) ke 12 yang diselenggarakan oleh Ambalan Garuda-Shima SMA N 2 Purwokerto, Minggu (10/5) kemarin.

Acara yang mengusung tema “Society” itu di buka oleh Ketua Kwarcab Ir Didi Rudwianto SH M Si, mewakili Bupati yang berhalangan hadir dengan ditandai pemukulan gong.

 

Dalam sambutanya selaku pembina upacara Didi mengatakan agar semua kegiatan dapat dijadikan sebagai madrasah, untuk menimba ilmu dan pengetahuan. “Juara bukanlah satu-satunya tujuan lomba, yang terpenting adalah evaluasi kegiatan dimasing-masing Gugus Depan agar terus maju dan berkembang” katanya.

 

Fathul Khoeri selaku pemangku adat Garuda mengatakan Galang Kestaria digelar untuk melatih dan mengasah skill pramuka adik-adik Penggalang. Iapun mengharapkan galang ksatria selanjutnya harus lebih baik lagi.

Fathul lebih lanjut mengatakan macam perlombaan pada kegiatan ini adalah galang tangguh, galang tangkas dan galang kreasi. “Kekompakan regu merupakan hal yang ditonjolkan dalam galang tangguh” katanya.

 

Pada lomba galang tangguh para peserta diwajibkan untuk mengikuti rute yang telah ditentukan dan melewati 6 pos. “Pos-pos tersebut antara lain pos Sandi, pos MHR, pos PPPK, pos peta lapangan, pos bakti sosial, dan pos kolone tongkat” tambahnya

 

Sedangkan pada lomba galang kreasi merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk mengolah bahan-bahan yang tidak terpakai menjadi alat yang bermanfaat.  “Selain dapat mengolah menjadi alat yang bermanfaat, kepiawaian peserta dalam mempresentasikan alat tersebut merupakan salah satu aspek penilaian’ katanya.

Untuk pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan merupakan materi yang dilombakan dalam galang tangkas. Setiap pangkalan mengirimkan tiga orang untuk mengikuti lomba ini. SMP N 8 Purwokerto, SMP N 2 Cilongok, dan SMP N 1 Patikraja merupakan peserta yang mampu melewati babak penyisihan dan maju ke babak final.

 

Galang ksatria ke-12 yang diikuti oleh 17 Pangkalan se Eks Karesidenan Banyumas ditutup secara resmi oleh Ketua Mabigus SMA Negeri 2 Purwokerkto Tohar, M.Sc dengan penyerahan berbagai piala kejuaraan.

 

Hasil lengkap lomba sebagai berikut Juara Umum SMP N 1 Sumbang,
Galang tangguh putra Juara 1 SMP N 3 Sumbang, Juara 2 SMP N 2 Cilongok dan Juara 3 SMP N 8 Purwokerto. Galang Kreasi putra Juara 1  SMP N 3 Sumbang, Juara 2 SMP N 1 Sumbang dan Juara 3 SMP N 1 Purwokerto.

 

Untuk Galang putri Juara 1 SMP N 3 Sumbang, Juara 2 SMP N 1 Sumbang dan Juara 3 SMP N 1 Wangon. Galang kreasi putri Juara 1 SMP N 1 Sumbang, Juara 2 SMP N 1 Rawalo dan Juara 3 SMP N 1 Purwojati.

 

Galang tangkas Juara 1 SMP N 2 Cilongok, Juara 2 SMP N 8 Purwokerto dan Juara 3 SMP N 1 Patikraja.

 

Sedang untuk regu tergiat 1 putra SMP N 3 Sumbang, tergiat 2 SMP N 1 Sumbang dan tergiat 3 SMP N 1 Purwokerto, untuk Regu tergiat 1 putri SMP N 1 Sumbang, Regu tergiat SMP N 1 Rawalo dan tergiat 3 SMP N 1 Purwojati.

 

Komentar