Berita Utama

700 Pramuka Kedungbanteng Ikuti Pesta Siaga

Dilihat : 3322 Kali, Updated: Jumat, 28 Oktober 2016
700 Pramuka Kedungbanteng Ikuti Pesta Siaga

700 Pramuka Kedungbanteng Ikuti Pesta Siaga

 

BANYUMAS : Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kedungbanteng menggelar Pesta Siaga tahun 2016 di lapangan Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng, Kamis (27/10/2016). Kegiatan diikuti oleh 70 barung dari 35 pangkalan SD/MI se Kecamatan Kedungbanteng.

 

Ketua Panitia Suwarso, S.Pd mengatakan kegiatan bertujuan untuk membina dan meningkatkan keterampilan para pramuka serta memperkuat persaudaraan pramuka, khususnya tingkat siaga. Pesta Siaga adalah wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak dini, sehingga diharapkan akan lahir patriot-patriot bangsa yang handal dan berkarakter baik.

 

“Dalam Pesta Siaga ini, terdapat banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil, seperti dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi sekaligus sebagai evaluasi dalam pelaksanaan latihan rutin,” katanya.

 

Bebagai kektrampilan anak usia 7-10 tahun ini diuji dalam berbagai warung. Ada uji ketrampilan baris berbaris, yel-yel, penciuman, tali menali, keagamaan, lempar bola dan lain sebagainya.

 

“Kegaiatan pesta siaga sebagai evaluasi latihan, terjadinya tukar menukar pengalaman, pengetahuan dan kecakapan antar sesama pramuka siaga, serta terbinanya hubungan  baik antara Gerakan Pramuka dengan masyarakat dari berbagai perlombaan," ujar Warso

 

Ditinjau Pengurus Kwarcab

 

Ketua Kwarcab Achmad Supartono, dan beberapa pengurus Kwarcab, ikut menyaksikan langsung kegiatan pesta siaga ini. Partono menilai  pesta siaga sangat tepat untuk mengukur atau membandingkan sejauh mana keterampilan, wawasan dan pengetahuan kepramukaan yang telah dimiliki anak-anak pramuka siaga dari berbagai lomba yang diadakan. Di mana dalam setiap perlombaan tersebut mengandung makna kebersamaan, keterampilan, persaudaraan dan kepemimpinan.

 

“Kepada seluruh peserta siaga untuk mengikuti semua kegiatan dengan sebaik mungkin, patuhi perintah dan saran dari kakak-kakak pembimbing. Bertanding secara sportif serta mengerjakan semua tugas yang diberikan, karena tugas-tugas tersebut akan memberikan manfaat bagi semua peserta dimasa depan kelak,” pesan Ka Kwarcab.

 

Parsito

Komentar